Kamis, 04 April 2013

kelebihan dan kekurangan ubuntu


ubuntu merupakan sebuah distro linux yang dikembangkan oleh cannonial berbasis debian. Distro yang satu ini cukup populer di indonesia jadi jika ada atau terdapat masalah pada ubuntu kamu bisa tanya – tanya ke forum – forum  seperti kaskus atau ubuntu-indonesia.com banyak disana para master – master ubuntu yang siap membantu .bagi para pemula seperti saya ini , yang ingin memakai linux atau sekedar coba – coba aku sarankan memakai distro yang satu ini selain karena alsan diatas distro yang satu ini juga sudah sangat user friendly jadi kita sudah tidak sering berhadapan dengan yang namanya terminal .
Dan berikut ini sedikit ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan selama aku memakai ubuntu

1. tampilan
untuk tampilan sebenarnya aku kurang suka dengan unity sebagai desktop default ubuntu karena selain berat  juga agak ribet karena kita harus mencari semua aplikasi yang kita instal memalui dash. tapi jangan sedih atau kesal dulu ada alternatif tampilan lain kok seperti gnome, cinnamon, dan kde tinggal cari aja di ubuntu software center atau googling untuk cara instalasinya. Sebenarnya ini juga yang aku suka dari ubuntu atau lebih luasnya linux karena banyak altenatif tampian jadi jika gampang bosen bisa gonta – ganti mulai dari yang bisa dibikin kayak mac os sampai windows juga bisa.

2. aplikasi
sebenarnya aplikasi di ubuntu sudah terhitung komplit dan banyak aplikasi pengganti untuk os windows ( jika sebelumnya kamu mengunakan os windows dan ingin migrasi ke ubuntu/linux) . Namun sangat disayangkan banyak aplikasi di ubuntu yang sudah tidak uptodate lagi jadi  ada beberapa bug aplikasi yang lambat ditanggani pengembang  tapi sepanjang aku mengunakan ubuntu bug – bug tersebut tidak menggangu aktifitas. Selain itu menurut aku, aplikasi di ubuntu atau linux ini bisa di katakan lebih stabil dan tidak mudah crash dan jika terjadi sampai terjadi hang atau crashpun cukup mudah diatasi dan tidak sampai harus restart komputer.
Aplikasi di ubuntu semuanya terintegrasi dengan ubuntu software center jadi kita bisa lebih mudah menghapus dan menambah berbagai aplikasi di ubuntu.
Kelengkapan aplikasi juga menurutku suatu kelebihan tersendiri bagaimana tidak kita sudah mendapatkan os + office program bandingkan dengan os lain yang tidak built indan haru membeli secara terpisah

3. harga
ubuntu adalah operasi sistem open source jadi bisa dikatakan gratis. Untuk mendapatkannya kita bisa langsung ke websitenya dan mendownloadnya

4. keamanan
karena belum banyak yang memakai , jadi virus masih sedikit dan  bisa dikatakan hampir tidak ada. terbukti sampai saat ini aku belum mengunakan antivirus dan belum kebobolan tuh. Alhamdullilah

5. driver
jika dulu kita harus instal drivers secara terpisah dengana ubuntu semuanya sudah built in jadi ngak perlu lagi instal – instalan driver lagi karena sudah terdeteksi semua. Selain itu jika memang masih ada yang kurang tinggal klik aja additional driver di system setting dan biarkan ubuntu yang mencari drivernya.
Namun dibalik kelebihan juga terselib kekurangan . Ada beberapa driver yang kurang kompatible dengan komputer . Tapi kita bisa edit atau atasi sendiri masalah driver tsb tinggal googling aja banyak kok solusinya.

6. kita serasa mempunyai os kita sendiri karena apa kita bisa mudah mengedit, menhapus, menambah aplikasi /tampilan di ubuntu jadi bisa di buat gaya ke temen lain.

7. Menu setting yang lebih mudah . Dulu sewaktu mengunakan jendela sangat rumit menu settingnya tapi di ubuntu sangat mudah jadi gampang beradaptasi selain itu ukuran font juga bisa diedit sendiri jadi lebih enak dipandang tulisannya

8. ubuntu menurut aku lebih ringan dibandingkan os yang aku pakai dulu walau suhu laptop naik tapi itupun hanya sedikit saja.

mungkin itulah yang saya tau jadi kalau ada yang lain kamu bisa mengirimkan di komentar
terima kasih ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar